NASIONALISME MODAL PEMBANGUNAN NASIONAL


Yogya 18/2 2012 (KNIB) –Rasa cinta tanah air akan tampak pada rakyat yang mempunyai semangat nasionalisme, sehingga rakyat yang memiliki semangat nasionalisme otomatis mencintai tanah airnya maka nasionalisme adalah modal utama dalam pembangunan nasional.

Hal itu disampaikan Hendar Susilowati,SH Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda Prov. DIY beberapa waktu lalu di Yogyakarta dalam sebuah forum  dialog Upaya Pemerintah Prov. DIY dalam Membangun Rasa Cinta Tanah Air.

“kalau dijabarkan nasionalisme itu adalah merupakan faham yang berpendapat bahwa kesetiaan tertinggi individu harus diserahkan pada bangsa dan negaranya. Nasionalisme dapat menciptakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara harmonis, penuh dengan rasa persatuan dan kesatuan,” bebernya.

Konsep pembangunan nasional sendiri lanjutnya, adalah pembangunan yang memanfaatkan segala potensi yang dimiliki bangsa itu sendiri, dalam hal ini yang dimiliki Bangsa Indonesia. Tujuannya adalah mempererat hubungan antara rakyat/masyarakat dan negaranya secara lahir dan batin sehingga negara yang bersangkutan tetap ada dan eksis. Sementara cara yang ditempuh adalah dengan sosialisasi nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air, serta melaksanakan pembangunan dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

Dewasa ini, jelas Hendar Susilowati, mau tidak mau Bangsa Indonesia harus menghadapi tantangan global maupun internal di dalam menjaga kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. “Untuk itu kita harus perkuat karakter, identitas dan jati diri Bangsa Indonesia, serta menangkal arus budaya luar dan keyakinan salah kaprah lagi menyesatkan,” katanya sambil ditambahkan Indonesia memiliki empat pilar kebangsaan yang memiliki nilai-nilai luhur kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD’45, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. (Dn)

Tinggalkan komentar

  • Wisata Pangandaran

  • Wisata Tawangmangu

    TAWANGMANGU
  • Wisata Tegal

  • Slamaran Indah Pekalongan